Aqaid 50 Ahlusunnah waljama’ah

AQOID 50 : AQIDAH AHLUSSUNNAH wal JAMAAH

Aqidah kita sering dikenal dengan AQOID 50 :

20 sifat wajib bagi Alloh ,
20 sifat Mustahil bagi Alloh ,
1 Sifat jaiz bagi Alloh . . .

4 sifat wajib bagi Rosul ,
4 sifat Mustahil bagi Rosul ,
1 sifat jaiz bagi Rosul

++++++++++++++++++++++++

الاول علم مما مر ان الصفات العشرين اربعة اقسام نفسية و هى الوجود و سلبية و هى خمسة القدم و البقاء و القيام بالنفس و المخالفة للحوادث و وحدانية و صفات معان و هى سبعة القدرة و الارادة و العلم و الحياة و السمع و البصر و الكلام و صفات المعنوية و هى كونه قادرا و مريدا و عالما و حيا و سميعا و بصيرا و متكلما تيجان الدرارى ٩

Sifat 20 itu dibagi menjadi 4 bagian :
1. Sifat Nafsiyah (mengenai Dzat) yaitu : sifat Wujud
2. Sifat Salbiyah (yg bersifat ingkar) yaitu : sifat Qidam, Baqo’, Qiyamuhu binafsihi, Mukholafatu lil Hawaditsi dan Wahdaniyah.
3. Sifat Ma’ani (bersifat ma’na) ada 7 yaitu : sifat Qudrat, Irodah, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashor dan Kalam.
4. Sifat Maknawiyah terdiri dari sifat Qodiron, Muridan, Aliman, Hayyan, Sami’an, Bashiron dan Mutakaliman

——————

تنقسم الصفات الواجبة الى اربع اقسام ١. النفسية وهى الصفة التى لا يعقل الموصوف بدونها و هى صفة واحدة الوجود

Sifat-sifat Wajib bagi Allah dibagi menjadi 4 bagian
1. Sifat Nafsiyah Yakni sesuatu yg tidak bisa diterima oleh akal jika Allah tidak disifati dgn sifat ini, atau bisa juga dikatakan sifat untk menentukan adanya Allah. Dimana Allah menjadi tidak mungkin ada tanpa adanya sifat tsb. Dan sifat itu adalah sifat Wujud

. ٢. السلبية التى تسلب ما لا يليق به سبحانه و تعالى و هي خمسة صفات القدم والبقاء و المخالفة للحوادث و القيام بالنفس و الوحدانية

2. Sifat Salbiyah yakni sifat yang menolak apa yg tidak layak bagi Allah. Atau dikatakan juga sifat yg digunakan untuk meniadakan sesuatu yg tidak layak bg Allah. Sifat itu ada 5 yaitu : Qidam,Baqo, Mukholafatul lil Hawadisi, Qiyamu binafsihi dan wahdaniyat

٣. المعانى هى كل صفة وجودية توجب لموصوفيها حكما و هى سبع صفات القدرة و الارادة و العلم و الحياة و السمع و البصر و الكلام

3. Sifat Ma’ani sifat wujudiah yg wajib untk mensifatinya secara hukum yakni Qudrot, Irodah, Ilmu, Hayat, Sama’, Bashor, Kalam.

المعنوية و هى الصفات الملازمة لصفات المعانى و هى سبع صفات كونه تعالى قادرا مريدا عالما حيا سميعا بصيرا متكلما

4. Sifat Ma’nawiyah maksudnya Sifat Allah yg dilazimkan atau tidak bisa dipisahkan dgn sifat ma’ani (sifat inj mjd akibat dari sifat ma’ani) Ada 7 yaitu qodiron, muridan, Aliman, Hayyan Sami’an, Bashiron dan Mutakaliman

——————-
pengertian Nafsiyah dan Salbiyah dalam Tijanu daroriy

و هذه الصفات الست فالاولى منها و هى الوجود تسمى نفسية لانها لا تدل على معنى زائد على نفس ذات

Sifat wujud dinamakan sifat Nafsiyah karena sifat-sifat ini tidak menunjukkan makna yang melebihi keadaan Dzat.

و الخمسة بعدها تسمى سلبية لانها دلت على سلب ما لا يليق به تعالى والصفات السلبية لا تنحصر على الصحيح لان النقائص لا نهاية لها و كلها منفية عنه تعالى

5 sifat sesudah wujud disebut sifat salbiyah karena menunjukan Nafinya hal-hal yg tidak sesuai dgn Allah. Menurut pendapat yg shoheh sifat salbiyah tidak terbatas karena sifat kurang itupun tak terbatas dan semua dirahasiakan Oleh Allah

(tijan Addharori 6)
Kalimat (Laa ilaaha illallahu)

I’robnya:
(Laa) = huruf li nafyil jins
(Ilaaha) = isim “Laa”, sementara khobar Laa : mahdzuuf, taqdirnya adalah haqqun (حق) marfu’
(illa) = huruf istitsnaa’
Lafad (Allah) = badal dari khobar yang mahdzuf, marfu’ dengan tanda dommah.
laa =nafyi
ilahaa= munfi illa istbat
allahu = mustbat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s