Rukun dan Syarat Zakat

Rukun zakat adalah mengeluarkan sebagian dari nisab (harta) dengan melepaskan kepemilikan terhadapnya, menjadikannya sebagai milik orang fakir dan menyerahkan kepadanya, atau harta tersebut diserahkan kepada wakilnya yakni imam atau orang yang bertugas untuk memungut zakat.

Adapun syarat-syarat zakat diantaranya:
a. Merdeka, artinya tidak wajib atas hamba sahaya karena hamba sahaya tidak mempunyai hak milik.
b. Islam, artinya zakat tidak wajib atas orang kafir karena zakat merupakan ibadah

Sabda Rasulullah saw :

” Orang yang tidak mau membayar zakat masuk neraka”

 Hukum Zakat Kepada Keluarga

Islam adalah agama yang mengatur segala hal dalam hidup kita hingga ke bagian yang paling detil dan dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Salah satu rukun Islam adalah Zakat. Zakat itu sendiri adalah sarana bagi seseorang untuk mensucikan diri dan hartanya dalam kurun waktu tertentu. Aturan zakat itu ada banyak macamnya, yang kali ini akan kita bahas adalah zakat kepada kerabat atau sanak saudara.

Zakat suami kepada istri

Suami memberi zakat kepada istri itu tidak diperbolehkan dikarenakan wajib bagi suami memberikan nafkah kepada istri. Mayoritas ulama memberi alasan bahwa akan sama halnya seorang suami memberi pada dirinya sendiri jika ia berzakat kepada istrinya.

Zakat istri kepada suami

Meskipun masih terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang boleh atau tidaknya suami menerima zakat dari istri, namun mayoritas berpendapat diperbolehkan asalkan sang suami memang memenuhi syarat untuk menerima zakat. Berikut adalah sebuah hadits nabi yang mendukungnya, yang artinya adalah sebagai berikut:
Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai berkhutbah, sesampainya beliau di tempat tinggalnya, datanglah Zainab, isteri Ibnu Mas’ud meminta izin kepada beliau, lalu dikatakan kepada beliau, “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ini adalah Zainab”. Beliau bertanya, “Zainab siapa?”. Dikatakan, “Zainab isteri dari Ibnu Mas’ud”. Beliau berkata, “Oh ya, persilakanlah dia”. Maka dia diizinkan kemudian berkata, “Wahai Nabi Allah, sungguh engkau hari ini sudah memerintahkan shadaqah (zakat) sedangkan aku memiliki emas yang aku berkendak menzakatkannya namun Ibnu Mas’ud mengatakan bahwa dia dan anaknya lebih berhak terhadap apa yang akan aku sedekahkan ini dibandingkan mereka (mustahiq).“ Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ibnu Mas’ud benar, suamimu dan anak-anakmu lebih barhak kamu berikan shadaqah (zakat) daripada mereka“. HR. Bukhari no. 1462.

Memberi zakat kepada anak dan orang tua

Memberikan zakat kepada anak dan orang tua yang tidak lagi ditanggung nafkahnya diperbolehkan dengan syarat mereka sedang terlilit hutang, budak yang memerlukan tebusan untuk bebas atau ingin berperang di jalan Allah. Hal ini diperbolehkan menurut pendapat yang paling kuat dalam Majmu’ Al Fatawa, 25: 90-92. Syarat yang lain adalah anak atau orang tua sangat miskin dan ia tidak memilki tanggungan nafkah kepada mereka sama sekali. Hal ini atas dasar bahwa jika mereka yang diberi zakat itu miskin dan mereka yang memberi zakat tidak mengambil manfaat sama sekali dari zakat yang ia serahkan (Lihat Shahih Fiqh Sunnah, 2: 75).

Memberi zakat kepada kerabat

Sama halnya dengan zakat kepada orang lain, memberikan zakat kepada kerabat juga diperbolehkan dengan syarat bahwa kerabat itu memang berhak menerima zakat sesuai ketentuan yang ada, yakni termasuk golongan delapan orang yang boleh menerima zakat. Bahkan kerabat adalah orang yang paling berhak menerima zakat karena ada pahala sedekah dan pahala menjalin hubungan kekerabatan di dalamnya.
Sesungguhnya sedekah kepada orang miskin pahalanya satu sedekah. Sedangkan sedekah kepada kerabat pahalanya dua, yaitu pahala sedekah dan pahala menjalin hubungan kekerabatan.” HR. An Nasai no. 2582, At Tirmidzi no. 658, Ibnu Majah no. 1844.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s