Lafal : Sayyidinaa Muhammad

Melafalakan Sayyidina dalam Tasyahud

Melafalakan Sayyidina dalam Tasyahud

Soal:

Pada saat menyebutakan nama Rasulullah SAW, kaum muslimin menembahkan dengan kata sayyidina. Bagaimana hukumnya melafalkan sayyidina, khususnya ketika membaca Tasyahhud dalam shalat? Sebab ada yang mengatakan hal tersebut tidak boleh dilakukan. » Read more..

Hukum Membaca Sayyidina Di Dalam dan Di Luar Sholat

Bagaimana bila orang itu menambahan kata Sayyidina sebelum Nama Muhammad Rasulullah Sollallahu Alaihi Wa Sallam, sebagaimana para Kiyai dan para Ustadz juga para pengajar menganjurkan dan mengajaran untuk mendambahkan kata Sayyidina.

Jawab :

Hal itu adalah Baik karena Lebih baik menambah kata Sayyidina untuk mengedepanan adab dan ta’dzim, katerangan terdapat pada Kitab Hasyiah Bajuri :

الاولى ذكر السيادة لان الافضل سلوك الادب خلافا لمن قال الاول ترك السيادة اقتصارا على الوارد و المعتمد الاول و حديث لا تسيدنى فى الصلاتكم بالواو لا بالياء باطل

Artinya : “Yang lebih utama adalah menyebutkan “Sayyidina”, karena yang afdhol / Utama adalah mengikuti adab ( etika dan sopan santun ), hal itu berbeda dengan ulama yang berpendapat bahwa yang lebih utama adalah tidak menyebutkan “Sayyidina”, karena meringkas / mencukupkan sebagaimana datangnya ( dari Nabi ). Dan pendapat yang Mu’tamad adalah pendapat yang pertama ( memakai Sayyidina ). Adapun hadits “janganlah kamu membaca Sayyidina di shalat kalian adalah hadits yang bathil. ( Hasyiah Al-Bajuri, juz 1 )

Wallahu A’lam – Posted By Kitab Kuning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s