Tanbihul ghafilin

الحمد لله – الحمد لله الذى جعلنا من القائمين وافهمنا من علوم الدين اشهد ان

لا اله الله وحده لا شر يك له واشهد ان محمدا عبده ورسو له افضل الخلق اجمعين اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله واصحا به ومن تبعه الى يوم الدين اما بعد : فيا ايهاالحاضرون الكرام اوصيكم ونفسى بتوى الله وافعلوا الخير لعلكم تفلحون

معاشر المسلمين رحمكم الله

Marilah kita selalu berusaha dan berupaya untuk meningkatkan kualitas iman dan takwa kita kepada Allah SWT yaitu dengan melaksanakan perintahNya dan sekali gus meninggalkan laranganNya.

Pada kesempatan khotbah jum’at kali ini kami akan menyampaikan materi khotbah yang khotib telah menukil atau mengambil dari Kitab kuning Tanbihul Ghafilin oleh Al-faqih Abu Laith As-samarqandi yaitu pada :

باب افة الكسب والحذر عن الحرام

yaitu : Bab atau pasal tentang Hati-hati dalam berusaha dan menghindari usaha yang haram, yaitu tepatnya pada halaman 164

معاشر الجمعة رحمكم الله

Dalam kitab tersebut disebutkan bahwa: manusia dalam berusaha itu berada dalam empat keadaan, yaitu

الاولى : منهم من يرى الرزق من الله تعالى ومن الكسب فهو مشرك.

  1. Sebagian dari mereka orang yang menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah dan juga dari usaha manusia, maka ia adalah orang yang musyrik.

الثانية : ومنهم من يرى الرزق من الله تعالى ساك ولايدرى ايعطيه ام لا فهو منافق.

  1. Dan sebagian dari mereka orang yang menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah dan akan tetapi ia merasa ragu-ragu apakah akan memperolehnya atau tidak, maka ia orang yang munafik.

الثالثة : ومنهم من يرى الرزق من الله تعالى ولايؤدى حقه ويعصى الله تعالى فهو فاسق.

  1. Dan sebagian dari mereka orang yang menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah dan akan tetapi ia tidak mau menunaikan kewajibannya (berusaha yang benar) dan durhaka kepada Allah (melanggar laranganNya), maka ia orang yang fasik.

الرابعة : ومنهم من يرى الرزق من الله تعالى ويرى الكسب سببا واخرج حقه ولايعصى الله تعالى لا جل الكسب فهو مؤمن مخلص.

  1. Dan sebagian dari mereka orang yang menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah dan melihat (menyadari) bahwa usaha itu hanya merupakan sebab saja (bukan ia musabbibal-asbab), lalu ia menunaikan kewajibannya (berusaha yang benar) dan tidak durhaka kepada Allah (tidak melanggar laranganNya) dalam rangka melaksanakan usahanya, maka ia adalah orang yang mukmin yang ikhlas.

معاشر الجمعة رحمكم الله

Abu Bakar As-shidiq radhiallahu anhu, mengatakan bahwa Rasulullahi SAW pernah bersabda :

ان الله تعالى حرم الجنة على كل جسد تغذى او غذي بحرام

Artinya :

Sesunggunya Allah SWT mengharamkan surga bagi setiap jasad (tubuh) yang me makan atau diberi makan dengan makanan yang haram.

 

Muallif kitab Tanbihul Ghafilin yaitu adalah Al-faqih Abu Laith As-samarqandi menerangkan bahwa orang yang ingin supaya usahanya baik, maka ia harus menjaga lima hal yaitu :

  1. Tidak menunda-nunda kewajiban terhadap Allah sedikitpun karena urusan usaha dan tidak pula menguranginya.
  2. Tidak mengganggu (merugikan) orang lain dalam berusaha.
  3. Dengan berusaha ia berniat untuk menjaga kehormatan diri dan keluarganya, tidak mempunyai kegiatan untuk memperbanyak dan menumpuk-numpuk harta.
  4. Tidak memaksakan diri dalam berusaha.
  5. Tidak menganggap bahwa rezeki itu diperoleh karena semata-mata hasil usaha, akan tetapi harus menyadari bahwa rezeki itu berasal dari Allah dan sedangkan usaha hanya merupakan sebab saja bukan ia musabbib (pembuat sebab).

معاشر الجمعة و معاشر المسلمين رحمكم الله

Rasulullahi SAW pernah bersabda :

من اكتسب مالا,من ما ثم فتصدق به او وصل به رحما او اففقه فى سبيل الله, جمع ذلك كله والقي فى النار

Artinya :

Barangsiapa berusaha untuk mendapatkan harta dengan cara haram, kemudian ia menyedekahkannya, atau pemberian dalam silaturrahmi, atau menginfakkannya di jalan Allah, maka semuanya itu dikumpulkan dan dilemparkan kedalam neraka. (Hadist dinukil dalam kitab Tanbihul Ghafilin hal 166)

Diriwayatkan dari Imran bin Al-Hushain, bahwa beliau mengatak demikian :

لا يقبل الله حج رجل واعمرته ولا جهاده ولا صدقته ولا اعتاقه, ولانفقته من ربا او رشوة او خيانة او غلول او سر قة

Artinya :

Allah tidak akan menerima haji sesorang, umrohnya, jihadnya, sedekahnya, memerdekakan budaknya, atau menginfakkannya dari harta yang diperoleh karena riba,atau suap,atau menipu (korupsi), atau mencopet ,atau mencuri (merampok).

معاشر الجمعة رحمكم الله

Demikian khotbah jum’at ini disampaikan semoga bermanfaat terutama untuk mengingatkan pribadi saya sendiri dan semoga bermanfaat bagi hadirin jemaah jum’at sekalian aamiin allhumma aamiin

واذ قرئ القران فاستمعوا له وانصتوا لعلكم ترحمون

اعوذبالله من الشيطان الرجيم

يا ايها الذين امنوا لا تاكلوا اموالكم بينكم بالباطل الا تكون تجارة عن تراض منكم, ولا تقتلوا انفسكم, ان الله كان بكم رحيما.– صد ق الله العظيم

با رك الله لي ولكم في القران العظيم ونفعني واياكم بما فيه من الايات والذكرالحكيم وتقبل مني ومنكم تلاوته انه هوالسميع العليم اقول قولي هذا واستغفرالله العظيم لي ولكم ولسائرالمسلمين والمسلمات والمؤ منين والمؤمنات فاستغفروه انه هو الغفورالرحيم

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s