Do’a haul bakumpai

DO’A HAUL VERSI BAKUMPAI

UST. BUSTAN NOOR

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي انفذفى بريته احكامه
Segala puji hanya bagi Allah yang telah menjadikan hukum-hukumNya terlaksana pada sekalian makhlukNya
واجرى بمشيته اقلامه
dan Yang telah menjalankan (memfungsikan/menguratkan) pena-penaNya dengan kehendakNya.
وقدر على الانام حمامه
dan Yang telah mentakdirkan (menentukan kapan kematian) atas seluruh makhlukNya.
وانزل على نبيه المخصوص بالكرامه
Dan Yang telah menurunkan (Al Qur’an) atas NabiNya (Muhammad SAW) yang khusus (menerimanya) dengan kemuliaan(Nya).
كل نفس ذا ئقة الموت وانما توفون اجوركم يوم القيمة
Setiap yang bernyawa akan merasakan kematian dan sesungguhnya pada hari kiamat (nantilah) ganjaran-ganjaran akan diberikan kepada semua.
هنا لك يقال للمجرم ان امتاز ونجي المؤمن عن سواءالجحيم فا جتاز
Disana nanti akan dikatakan kepada orang yang berdosa, ia akan terpisah (dari golongan orang-orang yang beriman), sedangkan orang yang beriman akan diselamatkan (dihindarkan) dari api neraka, maka lulus dan selamatlah ia.
وثبت السعيد على الصراط فاحتاز
Dan ditetapkan (orang yang beriman itu) kebahagiaan ketika menyeberangi titian (shirat) hingga tercapailah kebahagian itu.
فمن زحزح عن النار وادخل الجنة فقد فاز
Maka barang siapa yang dijauhkan (oleh Allah) dari api neraka, kemudian dimasukkan kedalam surga sungguh ia telah beruntung.
ومن القي في النار فقد ال الى الثبور ومن ادخل الجنة فقد ظفربالسرور
واو فرالجذل والحبور
(Akan tetapi) barang siapa yang dilemparkan ke dalam neraka, sungguh ia akan binasa. Dan orang yang dimasukkan ke dalam surga sesungguhnya ia telah memperoleh (mencapai) kebahagian dan kesenangan hati yang paling sempurna.
وماالحيوة الدنيا الا متاع الغرور
Dan tidaklah kehidupan dunia itu kecuali kesenangan yang menipu.
اللهم صل وسلم على سيدنا مولانا محمد النبي الامي العربي القرشي اليثربي الا بطحي الزمزمي المكي التها مي صا حب النصيحين وابن الذبيحين افصح العرب واكرمهم وافضل الا نبياء وارحمهم

Ya Allah berikanlah keselamatan dan sampaikanlah salam atas junjungan kami, panutan kami, (Muhammad SAW), ia nabi yang ummy, ia orang arab, ia dari kaum kuarisy, ia orang Mandinah al Munawarah, ia (laksana) sungai yang airnya melimpah (sebagai penawar dahaga di tengah gurun tandus) ia orang Mekkah at-Tihamy yang memiliki dua nasehat (yaitu Al Qur’an dan Al hadist),dan ia dari keturunan adz-Dzabihain (penj : dua orang nabi yang berkurban ikhlas karena Allah, yaitu Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail ‘alaihimas salam), ia orang arab yang paling fasih dan paling mulia, nabi yang paling afdhal, dan nabi yang paling penyayang.
اللهم ارزقنا فى الدنيا زيارته وفى الا خرة شفاعته ولا تحرمنا رؤيتة
Ya Allah rezkinkanlah(berikan rezki) kepada kami (ketika hidup) di dunia ini dapat berziarah (ke makamnya) dan limpahkan kepada kami di akhirat (nanti) syafa’atnya. Dan jangan kami diharamkan untuk dapat melihatnya (baik dalam keadaan jaga ataupun lewat mimpi).
واوردنا حوضه المورود واحشرنا تحت ظل لوائه المعقود
واجرنا اللهم من هول يوم القيمة ونصبه
Dan berilah kami minum air telaganya yang (apabila) diminum (airnya dapat memberikan kesegaran dan keni’matan yang luar biasa). Dan himpunkanlah kami (pada hari yang dihimpun manusia di Padang Mahsyar) dibawah naungan panji (yang kami telah) ikat (dengan dua kalimah syahadat). Dan selamatkanlah kami Ya Allah dari ketakutan dan kelelahan pada hari kiamat.

اجعل اللهم ثواب قراءتنا هذه وبركت دعائنا وثواب ما هللناه لمن اجتمعنا ها هنا بسببه
Ya Allah jadikanlah pahala bacaan kami ini, berkah do’a kami, dan pahala bacaan tahlil kami (yang semua pahala tersebut) untuk orang yang dengan sebabnya kami berkumpul disini …boleh diniatkan khususan(nama dan bin yang meninggal dunia)
وتلونا القران العظيم لك ومن جهته من انت اعلم به وباسمه
Dan (pahala dari bacaan ) Al Qur’an al-Azhim yang kami senandungkan (hanya ikhlas) karenaMu, dan (sampaikan pahala tersebut) kepada yang Engkau lebih mengetahui orangnya sekaligus namanya. ….setiap dhamir yang menunjukkan arwah yang dituju boleh dirubah baik muannast, mustanna, maupun jamak..silahkan saja.
ارحم االهم با القران العظيم مثواه وبل بوا بل الرحمة ثراه
Ya Allah dengan (pahala bacaan) al Qur’an yang agung, rahmatilah tempat tinggalnya (kuburnya) dan basahilah (cucurlah) kuburnya (yang lembab) itu dengan derasnya curahan rahmatMU.
االلهم وانس وحشته ونفس كربته ونور محلته واكتب حسنته
وكن لنا وله وليا وبنا وبه حفيا
Ya Allah hiburlah kesedihannya ( dalam kesendiriannya), ringankan dan hilangkan kesusuhan dan kesedihannya, dan teringalah kediaman (sementaranya), dan tulislah (terimalah) kebajikannya, dan (kami memohon kepadaMu) sebagai penolong bagi kami dan baginya, dan sambutlah kami dan dia dengan keramahanMU.
اللهم وامح ما كان من السيئات في طرسه
وافسح له بالقران العظيم ما ضاق من رمسه واجعل الحور الكوا عب من انسه
Ya Allah hapuskanlah apa-apa yang telah ia perbuat dari perbuatan yang buruk (yang ada pada lembaran buku catatan amalnya), dan dengan (berkah bacaan) Al Qur’an al-Azhim, lapangkanlah apa yang sempit dari makamnya (tempat tinggalnya) dan jadikanlah bidadari-bidadari sebagai penghibur yang memberi kesenangan baginya.
اللهم واته با ليمين كتابه واجعل من النور المستنيرجلبا به
وصير الجنة بعد ذلك ما به وجد بعفوك على قبيح افعا له
وتجا وزعن اخطا ئه وزل له

Ya Allah berikanlah ia buku catatan amalnya (waktu didunia) pada tangan kanannya.dan jadikanlah jilbab (surbannya) dari nur yang terang (berkilauan), dan jadikanlah surga setelah (alam barzah) itu sebagai tempat kembalinya, dan dengan ‘afwaMu (sifat pema’afMU) baguskanlah semua amal-amalnya yang jelek, dan ampunilah kesalahannya dan kekeliruannya.
اللهم والبسه من السند س والاستبرق وانسه يوم الفزع الاكبرفلا يقلق
و ثبته على الصراط فلا يزل ولايزلق
Ya Allah dan berilah ia pakaian dari kain sutera tipis dan sutera tebal, dan hiburlah dia pada hari ketakutan yang terbesar (hari kiamat) hingga ia tidak risau, tidak gelisah, dan tidak cemas, dan tetapkanlah (mantapkanlah langkahnya) diatas titian shirat, hingga ia tidak jatuh tergelincir.
اللهم واجعل لنا وله يوم لقا ئك نورا ونضرة وسرورا واطيبا ذواقا وكا سا دها قا
Ya Allah jadikanlah untuk kami dan untuknya pada hari pertemuan (kami) denganMU merupakan (hari yang penuh dengan) nur keindahan, kebahagiaan,(penuh dengan wewangian (penuh dengan) makanan yang lezat dan gelas yang berisi minuman yang berlimpah banyaknya ( yang aroma dan rasanya lezat).
اللهم واجعله وايانا يامولانا من اهل الوجوه الناضرة التى الى ربها نا ظرة
Ya Allah dan jadikanlah dia dan kami (pada hari kiamat nanti) termasuk (golongan orang-orang mukmin yang) memiliki (dikarunia) wajah-wajah indah berseri-seri (berkilau cahaya), yang (diberi keni’matan tertinggi di surga yaitu diperkenankan) melihat Tuhannya.
ولا تجعله وايانا يامولا نا من اهل الوجوه البا سرة
التى تظن ان يفعل بها فا قرة انك اهل التقوى واهل المغفرة
Dan janganlah Engkau jadikan ia dan kami (pada hari itu) termasuk (golongan orang-orang kafir) yang memiliki wajah-wajah yang muram. Yang mereka (orang kafir) yakin akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat. Sesungguhnya Engkau Yang menguasai ketaqwaan dan berkuasa atas pengampunan.
اللهم انزل الرحمة والمغفرة على اهل القبور
من المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات
الا حياء منهم والاموات من مشارق الارض الى مغاربها
Ya Allah turunkanlah rahmat dan keampunanMu kepada ahli (penghuni) kubur (baca 3 kali) dari orang-orang muslim laki-laki dan perempuan, baik yang hidup ataupun yang sudah meninggal (mati) dari ujung timur hingga ujung baratnya. ….boleh pakai khususan (fulan bin fulan) setelah kata-kata ahlil kubur اهل القبور tsb diatas.
ادخل اللهم عليهم يا كريم في قبور هم الروح والريحان والفسحت والرضوان
والبشارة والامان بجوارك رفيع الجنان انك كريم منان
Ya Allah Tuhan yang Maha Mulia, masukkanlah kedalam kubur meraka rahmatMU (kegembiraan dan kesenangan) penghidupan serta rezki, kelapangan, keridhaanMU, kabar gembira dan rasa aman atas mereka dengan perlindunganMu yaitu surga yang mulia. Sesungguhnya Engkau Maha Mulia serta Maha memberi karunia.
اللهم ونحن من عبيدك الضعفاء الفقراء المساكين المحتاجين المقصرين
فارحمنا اذاصرنا الى ما صاروا اليه قبلنا
Ya Allah kami ini dan hamba-hambaMu yang lemah, fakir, yang sangat memerlukan (kepada pertolonganMU), yang suka tergesa-gesa (meringkas/memperpendek/tidak suka panjang-panjang/tidak suka berlama-lama dalam beribadah, baik ibadah yang wajib maupun yang ibadah yang sunat, Maka dari itu, rahmatilah kami apabila kami berakhir (berpindah menuju kehidupan baru/akhirat) pada apa (penj.:kubur) yang mereka sebelum kami berakhir padanya pula.
فبارك االلهم لهم فيما صاروا اليه ولنا واجعل فيه فرحنا لا ترحنا
Berkahilah Ya Allah pada apa yang mereka telah berakhir padanya dan begitu pula, berkahilah kami, dan jadikanlah didalamnya merupakan kebahagian kami dan bukan merupakan kesedihan kami.
واجعل ملك الموت عليه السلام بقبض ارواحنا شفيقا رفيقا رءوفا رحيما حفيا
Dan jadikanlah (Ya Allah) Malaikat Maut ’alaihissalam, ketika ia mencabut ruh-ruh kami (dengan cabutan yang) penuh belas kasihan dan halus serta ramah.
اللهم وكما انعمت علينا جميعا بالاسلام والايمان
فثبتنا عليهما عند الا نتقال الى دارالحيوان
Ya Allah sebagaimana Engkau telah mengaruniakan iman dan islam kepada kami semua, maka kami tetapkanlah kami atas keduanya (iman &islam itu) ketika kami berpindah menuju alam (kehidupan yang sebenarnya).
واحلنا دارالكرامة والرضوان وحل بيننا وبين دار سرا بيل اهلها قطران
Dan tempatkanlah kami kedalam negeri (surga) penuh kemuliaan dan keridhaanMU, dan halangilah (jauhkanlah) antara kami dan antara negeri (neraka).yang pakaian penghuni negeri itu adalah dari qatir (dlm kamus qatiran = pelankin, maaf penerjemah tdk tahu artinya الله اعلم

واجعلنا من العصابة التى اجذة الكتب الايمان وممن ثبتت منه على الصراط القدمان ويتحف بالخيرات الحسان في مقعد صدق عند حضرة العزيزالرحمن
Dan jadikanlah kami termasuk golongan orang-orang yang tangan kanannya mengambil bukunya catatan ( amal dunia), dan (golongankanlah kami) termasuk orang yang kedua kakinya tetapn (tidak tergelincir/selamat ketika menyeberangi titian) shirat.dan termasuk orang yang dihadiahi dengan hadiah/ganjaran) yang baik (ketika berada disurga) tempat kedudukan yang sebenarnya serta nyata dari Dzat Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengasih.
ورافق اللهم بنا وبه وبا لمسلمين مع من كا صديقا ونبيا
في جنتك التى لايسمعون فيها لغوا الا سلاما ولهم رزقهم فيها بكرة وعشيا
Ya Allah jadikanlah kami dan dia serta kaum muslimin berteman/bergaul dengan orang yang benar lagi seorang Nabi (yaitu) didalam surgaMU yang didalamnya mereka tidak pernah mendengar perkataan sia-sia kecuali perkataan salam (perkataan yang baik-baik saja yang mana didalam surga itu bagi mereka rezki (yang tiada hentinya) dari pagi hingga malam.
ربنا اغفرلنا ولاخواننا الذين سبقونابالايمان
ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين امنوا ربنا انك رءوف رحيم
Ya Tuhan kami ampunilah (dosa dan kesalahan) kami dan (dosa dan kesalahan) saudara-saudara kami yang telah mendahului kami (meninggal dunia) dengan membawa iman. Dan janganlah Engkau masukkan ke dalam hati kami dendam dan dengki kepada orang-orang yang beriman, wahai Tugan kami sesungguhnya Engkau Maha Belas Kasihan lagi Maha Penyayang.
وصلى الله على سيدنا محمد واله وصحبه وسلم
سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين * والحمد لله رب الهالمين
Semoga Allah selalu mencurahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami Muhammad SAW dan keluarga serta para sahabat beliau. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.Maha Suci Tuhanmu (yaitu) Tuhan Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para Rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

Karangan : Al Karomah Al Fadhil Datuk H.Abdussamad Al Bakumpay (Marabahan) diterjemah oleh Ustadz Bustannur, S.Pd  (Ponpes Al Mujahidin Marabahan)
Silahkan…share & download/copas…api tolong isi Buku Tamu…OK

2 Responses to Do’a haul bakumpai

  1. ASMARI AHMAD says:

    Assalamu alaikum wr.wb mohon ijin donwlod doa haul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s