Talqin Bakumpai

ههذا الدعاء تلفين بكمي

 

اعو ذبالله من الشيطان الرجيم

منها خلقناكم وفيها نعيدكم ومنها نخرجكم تار ة اخرى

Dari padanya kamu diciptakan dan dari padanya juga kita dikembalikan dan dari padanya juga kelak kamu dikembalikan

   الحمد لله الذي المنفرد بالقدم والبقاء القاضى بين خلقه بالموت و الفناء

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang sendirinya dengan sedia dan bersifa kekal. Yang menghukum Ia antara mahlukNya dengan maut dan binasa.

الشهد ان لااله الا الله وحده لاشر يك له  و الشهد ان محمدا عبده ورسوله

Naik saksi aku bahwasanya sesungguhnya tiada tuhan yang wajib disembah hanya Allah sendiriNya dan tiada yang menyekutui bagiNya. Dan naik saksi aku bahwasanya Nabi Muhammad yang sebenar-benarnya hambaNya dan RasulNya

  شهدة اعدها لهول البرزج والقبور   وادخرها ليوم الحشروالنشور

Akan saksi yang Aku (Allah) sediakan baginya haru-hara di alam Barjah dan segala kubur. Dan aku (Allah) pertaruhkan akan dia hari yang dimana menghimpun (Allah) didalamnya, segala hambanya yaitu Padang Mahsyar (hari kiamat).

  قال من قوله الحق  ووعده الصدق     كل نفس ذا ئقة الموت     وانما توفون اجوركم يوم القيمة

Firman Tuhan itu benar adanya dan JanjiNya itu benar adanya, segala sesuatu yang bernyawa itu pasti akan mati. Diperkenankan sebagai bekalmu pada hari kiamat

   فمن زحزح عن النار وادخل الجنة فقد فاز   وما الحياة الد نيا الا متاع الغرور

Maka barang siapa yang dijauhkan dari api neraka dan dimasukkan kedalam sorga, maka memperoleh kemenanganlah ia dengan memperoleh apa yang diinginkannya. Bahwa kehidupan dunia berserta kesenangannya hanyalah tipu daya belaka.

  (يا عبدالله – ياامت الله)0000 ابن عبدئ الله    اذكر العهد الذي كنت (كنت) عليه  في دارالدنيا    وخرجت (    وخرجت) منها الى دارالاخرة

Hai hamba Allah…(fulan ibnu fulan – fulanah ibnati fulan)…ingatlah olehmu akan janji kamu atas ilmu yang kamu miliki dalam dunia. Dan sekarang ini engkau telah mati keluar dari dunia..menuju ke negeri akhirat.

  كنت (كنت)  في حياتك (حياتك)  تشهد(تشهدين) ان لااله الا الله  وحده لاشريك له الها واحدا صمدا فردا لم يتخذ صاحبة ولاولدا

Adalah engkau dalam hidupmu (di dunia dahulu) kamu telah bersaksi bahwa..” Tiada Tuhan yang patut disembah dengan sebenarnya hanyalah Allah sendiriNya yang tidak ada sekutu bagiNya, Tuhan yang Esa, Tuhan yang tunggal dan tiada mempunyai sahabat dan tidak pula beranak.

 وتشهد  (تشهدين) ان محمدا عبده ورسوله   ارسله بالهدى ودين الحق   ليظهره على الذين كله ولوكره المشركون

Dan naik saksi engkau bahwasanya “ Nabi Muhammad itu hamba Allah dan RasulNya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar. Menampakan Allah atas sekalian agama dan walaupun semua orang musyrik benci sekalipun.

 و تشهد(تشهدين) ان الموت جق  وان القبر حق   وان سؤال منكر ونكر حق   وان الجواب والحساب حق    وان الصراط  والميزان حق    وان الحوض والشفاعة حق

Dan naik saksi engkau bahwasanya Maut itu benar adanya dan alam Kubur itu benar adanya dan bahwasanya Pertanyaan-pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir itu benar adanya dan bahwasanya Hari perhitungan (hisab) itu benar adanya dan Titian Shirat dan Mijan (timbangan amal) itu benar adanya dan bahwasanya Telaga Haud dan Syafa’at itu benar adanya.

  وان الجنة ولنار حق    وان لقاء الله لاهل الحق حق   وان الله يبعث من فى القبورحق

Dan bahwasanya Sorga dan Neraka itu benar adanya dan bertemu dengan Allah SWT bagi yang haq itu adalah benar adanya dan bahwasanya Allah Ta’ala akan membangkitkan akan segala mereka dari dalam kubur itu benar adanya.

 وانت (انت)000 رضيت (رضيت) بالله ربا   وبالاسلام دينا   وبالقران اماما   وبالكعبة قيبلة   وبحلال الله تعالى حلالا   وبحرام الله تعالى حراما   وبالجنة ثوابا   وبالنارعقابا    وبمحمد صلى الله عليه وسلم رسولا ونبيا

Dan engkau..(si fulan ibnu fulan-fulanah ibnati fulan) telah ridha Allah SWT itu Tuhan kita dan Islam itu agama kita dan Al-Qur’an itu ikutan (imam) kita dan Ka’bah itu adalah kiblat kita dan segala yang dihalalkan oleh Allah itu adalah halal dan segala yang diharamkan oleh Allah itu adalah haram dan Sorga adalah tempat balasan pahala (kesenangan) dan neraka itu adalah tempat balasan dosa (siksa). Dan Nabi Muhammad SAW itu adalah Rasul dan Nabi kita.

   والان قدصرت (صرت)00 بين اطباق الثرى   وفي محلة الهلكى   وبين عساكرالموتى

Dan sekarang ini engkau wahai…..(si fulan ibnu fulan-fulanah ibnati fulan) ..kamu telah mati yaitu berada-menjadi penghuni bumi kubur dan didalam tempat segala meraka yang binasa dan diantara segala ‘Asyakir yang mati.

   يا عبدالله (يا امت الله)000000000 هذا اخر منزل من منازل الدنيا  واول منزل من منازل الاخرة

Wahai hamba Allah……..(fulan ibnu fulan-fulanah ibnati fulan)..inilah segala tempat terakhir dari pada tempat dunia dan merupakan awal tempat kehidupan dari pada negeri akhirat.

   فاذاجاءك الملكان المنيران  الفظان الغليظان الشديدان المؤكلان بك (بك) من عندالله الملك الكبير   المسميان بمنكر ونكير

Maka apabila nanti datang kepadamu dua orang malaikat yang bertanya kepadamu, yang keduanya itu bertongkatkan api, bermuka muram dan ganas dan lagi keras dan sadis, ketahuilah mereka itu diutus kepadamu oleh Allah Tuhan yang amat besar, mereka berdua itu dinamakan Munkar dan Nakir

  فلا تحف (  فلا تحافي)    ولا تحزن (    ولا تحزنى)   فانهما خلقان  من خلق الله تعالى

Maka janganlah engkau merasa takut dan janganlah gentar, maka bahwasanya kedua malaikat itu adalah makhluk Allah Ta’ala jua

   فاذا سئلاك (سئلاك) من ربك (ربك)  ومن نبيك (نبيك)  وما دينك (دينك)  وما امامك (امامك)  وما قبلتك (قبلتك)   ومن اخوانك (اخوانك)

Maka apabila nanti mereka bertanya kepadamu :..Siapa Tuhanmu..? dan siapa Nabimu..? dan apa Agamamu..? dan apa Imammu..? dan dimana Kiblatmu..? dan Siapa saudara-saudaramu..?

  فقل(فقلي) في جوابهما بلسان فصيح  واعتقاد صحيح  00 ألله ربي000 (ثلاث)   ومحمد نبي   واسلام ديني   والقران امامي   والكعبة قبلتي   والمسلموا اخواني

Maka jawab olehmu..wahai..(fulan ibnu fulan-fulanah ibnati fulan)..dengan jawaban yang fasih dan dengan I’tikad yang shahih yaitu : Allahu rabbii. Allahu rabbii. Allahu rabbii.. dan Nabi Muhammad adalah Nabiku dan Islam adalah agamaku dan Al-Qur’an adalah Imamku dan Ka’bah adalak Kiblatku dan sekalian orang Islam adalah saudaraku

  وعلى ذلك حيت( حيت) وعليه مت وعلى تبعث (تبعثين)  ان شاء الله تعالى  وانت (وانت) من الامنين   ثبتك (ثبتك) الله بالقول الثابت   يثبت الله الذين امنوا بالقول الثابت   في الحيات الدنيا وفي لاخرة 000 لااله الا الله  000 (ثلاث)

Dan olehNya jua engkau dihidupkan dan olehNya jua engkau dimatikan dan olehNya jua engkau akan dibangkitkan. Maka dengan izin Allah jua engkau akan aman dari segala sesuatu. Semoga ditetapkan Allah Ta’ala akan perkataan yang tetap, lagi menetapkan Allah Ta’ala akan orang yang beriman dengan perkataan yang tetap pada ketika hidup didunia dan sampai di akhira yaitu kalimat..” Laailaaha illallahu.. Laailaaha illallahu.. Laailaaha illallahu..

 ياايها  النفس المطمئنة   ارجعي الى ربك راضية مرضية   فا دخلي في عبادي وادخلي جنتي

 Wahai..jiwa yang tenang, kembalilah engkau kepada Tuhanmu dengan ridha dan lagi engkau akan diridhaiNya.

 ان الله وملائكته يصلون على النبي   ياايها الذين امنوا صلوا عليه سلموا تسليما

Sesungguhnya Allah dan Malaikat selalu bersalawat kepada Nabi. wahai orang-orang yang beriman bersalawatlah kepadanya dengan selawat yang sempurna

وصلى الله على سيد نا ومولانا محمد وعلى اله وصحبه وسلم اجمعين

Dan semoga selawa dan salam disampaikan kepada jinjungan panutan kita Muhammad SAW dan atas keluarga dan para sahabatnya.

  سبحان ربك ربالعزة عما يصفون   وسلام على المرسلين

Maha suci Tuhanmu yang maha perkasa dan berlainan dari sangkaan orang dan semoga salam dilimpahkan atas para rasul.

 والحمدلله رب العالمين

Dan segala pujian bagi Tuhan semesta Alam.

Leave a comment