Ibadah Terhalang Dosa

الحمدلله – الحمدلله الذى ارسله بلهدى ودين الحق  ليظهره على الدين كله  ارسله بشيرا ونذيرا وداعيا الى الله با ذنه وسراجا منيرا

اشهد ان لااله الاالله وحده لاشريك له  شهدة اعدها للقائه ذخرا

واشهد ان محمدا عبده وسوله ارفع البرية قدرا

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى اله واصحابه وسلم تسليما كثيرا

اما بعد  فياايها الحاضرون الكرام  اصيكم ونفسي بتقوالله  اتقوالله وافعلوا الخير لعلكم تفلحون

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah.

Marilah kita selalu meningkatkan kualitas iman & taqwa kita kepada Allah SWT yaitu dengan melaksanakan semua perintahNya dan meninggal semua laranganNya. Dan adalah kebanyakan manusia sanggup melaksanakan perintah Tuhannya untuk beribadah mahdhoh dan sangat sedikit manusia yang sanggup meninggalkan larangan Tuhannya, karena larangan Tuhan adalah hal-hal yang sangat disenangi oleh hawa nafsu manusia, maka beruntunglah orang yang mampu mengendalikan hawa nafsunya.

Ma’asyiral jumu’ati rahimakumullah.

Dalam kesempatan hari ini Khatib ingin menyampaikan tentang Peringatan Rasulullah SAW terhadap kita tentang keadaan akhir zaman dimana kaum muslimin sangat giat melaksanakan ibadah seperti sholat, puasa, haji, umrah, zakat, infak, sedekah dan ibadah-ibadah lainnya, tetapi semua tidak diterima atau terhalang oleh karena dosanya.

Rasulullah SAW bersabda :

يا تي على الناس زمن لا تطاق المعيشة فيهم الا با المعصية حتى يكذ ب الرجل ويخلف  فاذا كا ن ذلك الزمان فعليكم با لهرب  فيل : يا رسول الله  والى اين المهرب ؟  الى الله والى كتابه والى سنة نبيه

Artinya :

Akan datang satu zaman kepada manusia, yang didalamnya manusia tidak kuasa mencari penghidupan melainkan dengan cara maksiat, seorang laki-laki berani berdusta dan bersumpah. Maka apabila masa itu telah datang hendaklah kalian lari. Ditanya kepada beliau “ wahai Rasulullah kemana kaum muslim harus lari ? “  Rasulullah menjawab : “ ،Kepada Allah dan kepada Kitabnya dan kepada Sunnah NabiNya “ ( HR. Ad-Dailami)

Dari hadist diatas Rasulullah SAW, mengisyaratkan bahwa kelak akan datang satu masa atau satu zaman dimana manusia tidak lagi kuasa mencari rezeki dengan jalan halal, melainkan dengan cara maksiat atau jalan haram, maka manusia berjalan di dalamnya tidak terasa, yang penting dapat rezeki, adapun jalan yang ditempuh itu halal atau haram, haq atau bathil, baik atau jahat, mereka tidak tidak mau tau, bahkan orang dengan berani berkata…jangankan harta yang halal…harta yang harampun susah didapat.  nah…!! zaman yang dimaksud Nabi SAW itu adalah zaman dimana kita sekarang ini berada.

Olek karena itu, kalau diteliti secara cermat bahwa sekarang ini banyak diberitakan di media bahwa banyak terjadi korupsi, kolosi, suap-menyuap, penipuan, pencurian, perampokan dan kegiatan bisnis dan investasi dengan praktek manipulasi dan ribawi yang tidak sesuai dengan syariat hukum Islam. Semua itu dilakukan oleh mereka yang berpandangan sempit, seolah-olah tidak adalagi pekerjaan lain yang dapat menghasilkan keuntungan dengan jalan halal dan baik, mereka berioentasi dunia semata dan seolah-oleh meraka tidak bisa mati.

Rasulullah SAW bersabda :

يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ ، لاَ يُبَالِى الْمَرْءُ مَا أَخَذَ مِنْهُ أَمِنَ الْحَلاَلِ أَمْ مِنَ الْحَرَامِ

“Akan datang suatu masa kepada manusia, yang seseorang tidak lagi peduli terhadap (harta) yang dia ambil, apakah dari (sumber) yang halal atau dari yang haram.”  (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda :

يا تي على الناس زمن لايبالي الرجل من اين اصاب المال

Artinya :

Akan datang suatu zaman kepada manusia, dimana seorang laki-laki sudah tidak memperdulikan lagi dari mana mendapat harta ( HR.An-Nasa’i)

Seharusnya harta yang dihasilkan itu diteliti dari mana dan bagaimana ia memperolehnya. Sebab berat sekali dosanya bagi orang yang suka memakan harta dari maksiat atau haram

Ma’asyiral muslimina rahimakumullah.

Suatu ketika sahabat Sa’ad bin Abi Waqash minta dido’akan oleh Nabi SAW agar doanya dikabulkan oleh Allah SWT.

ان سعدا سال رسول الله صلى الله عليه وسلم ان يسال الله تعالى ان يجعله مجاب الدعوة  فقال

يا سعد  اطب مطعمك تكن مستجا ب الد عوة  والذى نفس محمد بيده

  ان العبد ليقذف اللقمة الحرام في جوفه ما يتفبل منه عمل اربعين يوما وايما عبد نبت لحمه من سحت فا النار اولى به

Wahai Sa’ad…! Perbaiki makananmu tentu doamu dikabulkan, demi Zat yang jiwanya Muhammad dalam kekuasaanNya, sesungguhnya sesorang hamba yang memasukkan makanan haram ke dalam mulutnya (memakannya) tidak akan diterima amalnya 40 hari. Dan mana saja hamba yang dagingnya tumbuh dari barang yang haram, maka neraka lebih utama baginya. ( HR. Thabrani)

Rasulullahi SAW bersabda

من اشترى ثوبا بعشرة دراهم وفى ثمنه  درهم حرام  لم يقبل الله صلاته مادام عليه منه شيء

“ Barangsiapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham, hanya satu dirham di antaranya uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama masih ada padanya sesuatu dari dirham yang haram itu.” (HR. Ahmad)

Ma’asyiral jumu’ah rahimakumullah.

Dari hadits ini tersebut hendaklah umat Islam berhati-hati memasukkan makanan ke dalam perutnya dan hati-hati melakukan muamalah, berusaha, berbisnis dan berinvestasi modal untuk memperoleh harta benda yang haram tidak sesuai ketentuan Islam, maka apalah artinya kita bersusah payah beramal ibadah kepada Allah dan melaksanakan ibadah haji & umrah yang ongkos biaya begitu mahal demi mencari titel haji dan tidak mabrur hasilnya sia-sia dan tidak diterima Allah SWT. Dan lebih ngawur dan parah lagi makanan dan harta itu dinafkahkan kepada anak-anak dan isteri dan keluarga kita yang tidak berdosa dan tidak mengetahui cara perolehannya, maka berarti semua organ tubuh mereka tumbuh dari barang haram, termasuk organ dalam otaknya tidak mampu berfikir positif untuk menerima ibrah atau kebenaran ajaran agama dan selanjutnya di akhirat nanti menjadi penguni neraka ( Na’uzubillahi zalik suma na’uzubillah)

الحمد لله  اشهد ان لا اله الا الله واشهد ان محمد رسول الله  اللهم صل على محمد وعلى اله وصحبه اجمعين  اما بعد فيا عبد الله  اوصيكم ونفسى بتقوا الله لعلكم ترحمون

واذ قرئ القران فا ستموا له وانصتوا لعلكم ترحمون

اعو ذبا لله من الشيطا ن الرجيم

يا ايها الناس كلوا مما فى الارض حللا طيبا ولاتتبعوا خطوات الشيطان  انه لكم عدو مبين  صدق الله العظيم

با رك الله لى ولكم فى القران العظيم  ونفعنى واياكم بما فيه من الايات

والذكر الحكيم  وتقبل منى ومنكم تلا وته انه هو السميع العليم  اقول قولى هذا  واستغفر الله العظيم  لى ولكم  ولسائر المسلمين والمسلمات  والمؤمنين والمؤمنات  فاستغفروا انه هوالغفورالرحيم

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s